Pekalongan, Kota Batik atau Kota Santri?

pekalongan kota batik, pekalongan kota santri, batik di pekalongan

Blogger Pekalongan - Kalau mendengar kota Pekalongan? apa yang terlintas di pikiranmu? semua tergantung pada pengalaman dan juga pemahaman masing-masing. Bagi orang luar kota tentu ketika ditanya apa yang identik dengan Pekalongan, akan menjawab sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman pribadinya.

Apa yang kamu tahu tentang pekalongan? Mungkin ada yang bilang, Pekalongan identik sama Megono jika memang punya pengalaman mampir ke Pekalongan dan berkesempatan menyantap racikan nangka muda sedap bin gurih tersebut. atau ada yang jawab Pekalongan identik dengan Habib Lutfi, berarti ini orang pernah mampir ke Pekalongan untuk berkunjung ke Habib Lutfi Bin Yahya. Atau Pekalongan identik dengan kota batik? yang jawab seperti ini ada dua kemungkinan, bisa jadi memang mengerti dan memahami, bisa juga karena lirik lagu Slank "kota Batik di Pekalongan... Bukan Jogja ee... bukan Solo... Gadis cantik gadis pujaan... Jangan bejat jangan bodoh." kalau saya pribadi, Pekalongan identik dengan patah hati, karena ada dua mantan saya yang memang memutuskan saya sepihak, berasal dari pekalongan.

Pekalongan Kota Batik

Salah satu Tugu Identitas yang berada di perbatasan Pekalongan-Batang
Pekalongan Kota Batik? Masak sih? Di Jogja ada Batik yang bagus juga, di Solo juga ada. Dan di Solo murah-murah pula. Mungkin pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang akan muncul ketika tidak mengenal Pekalongan dan mungkin orang ini semasa hidupnya buta sejarah, sehingga bangun-bangun dia langsung melek teknologi tapi mati aktualisasi. Dan tidak bisa dipungkiri, banyak kok manusia-manusia semacam ini. Teknologi diutamakan, tapi otak dibekukan. Gadget-nya Canggih, Pemikirannya konvensional. Dan halaman ini bukan untuk menjelaskan kenapa Pekalongan = World's City of Batik. Jadi kalau saya mau menjelaskan sejarah, hari rabu pagi saya mulai menjelaskan hari jumat mungkin baru kelar. Intinya beberapa kota memiliki sejarah Batik masing-masing, entah Jogja, Solo, Cirebon, Kudus, Madura, dll. Tetapi setiap kota memiliki corak dan karakteristik yang berbeda sesuai latar belakang sejarah. Dan Pekalongan sudah resmi menyandang gelar itu.

Bicara pekalongan, sebenarnya tentu kita harus mengklarifikasi. Pekalongan mana yang dimaksud. Sebab, nama Pekalongan dimiliki oleh dua Pemerintahan, yaitu Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. kalau kita mau membahas mengenai karakter dan ciri khas tentunya kedua wilayah ini tidak jauh beda, sebab secara sejarah memang masih dalam satu rumpun. Sehingga jika bicara makanan khas, oleh-oleh, atau tempat bersejarah, kedua wilayah ini tidak dapat dipisahkan. Kalau bahasa anak sekarang, tak bisa lepas dari bayang-bayang.

Kalau ada yang mengenal Pekalongan Kota Batik, apakah itu salah? tentunya tidak, karena ini adalah julukan untuk Pekalongan Kota. Selain memang batik menjadi identitas dari Kota Pekalongan, tetapi pengusaha Batik lebih banyak di wilayah Kabupaten Pekalongan. Selain alasan yang sudah dijelaskan di atas, ada alasan-alasan lain mengenai hal ini.

Lalu apa sebenarnya julukan untuk Pekalongan Kabupaten? Agar kamu tahu apa julukan untuk kabupaten Pekalongan, silakan datang di sore hari ke wilayah kabupaten Pekalongan, misalnya Kajen, Kedungwuni, atau Bojong misalnya. Lalu diam sejenak melihat lalu lalang warga. Yup, kamu pasti akan banyak melihat muda mudi menggunakan pakaian muslim yang khas. Persis seperti lagu Nasida Ria jaman dulu; "Suasana di Kota Santri... Asik senangkan hati.... Tiap pagi dan sore hari... Muda mudi berbusana rapi... Menyandang kitab suci... Hilir mudik silih berganti... Pulang pergi mengaji... " seperti itulah kira-kira gambarannya. Kabupaten Pekalongan sejak dulu sudah dikenal sebagai Kota Santri, sehingga sampai sekarang hingga trend hijab merebak ke seluruh penjuru, Pekalongan sudah bukan pemandangan yang asing. Mungkin bedanya hijabnya bervariatif. bahkan tidak hanya untuk mengaji, untuk jalan sore santai, pun busana yang identik menutup aurat selalu dikenakan.

Pekalongan kota Santri 

Salah satu Jembatan yang memiliki Identitas Kota Santri
Di beberapa kota, kini juga mengalami hal yang sama dengan Pekalongan, seperti misalnya Semarang yang kini menjadi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Bandung yang menjadi  Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat. Cie..... Pekalongan udah kayak kota besar ye....

Nah, ini beberapa pemandangan di Wilayah Kabupaten Pekalongan

Ini bukan sekedar Hijabers, tapi memang busana sehari-hari
Foto diambil saat Presiden mendarat di Lapangan Kedungwuni
Jangan ngiri kalo kita punya Tugu Batik.
Foto:cintapekalongan.com



Nah, kapan kamu mau mampir ke Pekalongan? banyak yang unik yang ada di Pekalongan. Lihat di 5 hal unik yang Cuma ada di Pekalongan yang nggak bakal kamu temukan di kota manapun. Mulai dari wisata Museum batik, pantai Slamaran, atau Curug yang banyak di wilayah Kabupaten Pekalongan seperti di Wisata Petungkriyono. Dan nggak cuma 5 yang sudah kita infromasikan, tetapi ada banyak hal yang bisa kamu temukan di sini, di Pekalongan.






Monggo Dikomen

BLOGGER: 13
Loading...
Nama

Artikel Budaya Event Komunitas Pekalongan Techno Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: Pekalongan, Kota Batik atau Kota Santri?
Pekalongan, Kota Batik atau Kota Santri?
pekalongan kota batik, pekalongan kota santri, batik di pekalongan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg10x3j2O1TC0AO8UXL8r6p55GHxJVspBcNMNPbOaqy6xBQLnCfG0Y-Cpls4Nt0lXsj9mEoX-6gUtVgVrQ_6mBqS-YJppwZrfQRqFPEMhgmPRnbZE_yhzHeZZMwImz25Zdmh501tEsG72Fg/s400/pekalongan+kota+batik.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg10x3j2O1TC0AO8UXL8r6p55GHxJVspBcNMNPbOaqy6xBQLnCfG0Y-Cpls4Nt0lXsj9mEoX-6gUtVgVrQ_6mBqS-YJppwZrfQRqFPEMhgmPRnbZE_yhzHeZZMwImz25Zdmh501tEsG72Fg/s72-c/pekalongan+kota+batik.jpg
Komunitas Blogger Pekalongan
https://www.bloggerpekalongan.com/2017/03/pekalongan-kota-batik-atau-kota-santri.html
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/2017/03/pekalongan-kota-batik-atau-kota-santri.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy