5 Hal Unik yang Cuma Ada Di Pekalongan

5 Hal Unik yang ada Cuma Di Pekalongan, hal-hal unik yang ada cuma di Pekalongan saja, Atraksi Tukang Becak Pekalongan, Balon Udara + Petasan, Lopis Raksasa Krapyak, Sarungan

BloggerPekalongan.com - Siapa yang tak kenal Pekalongan, kota di pesisir utara Pulau Jawa ini semakin hari semakin terkenal saja. Mungkin bagi orang luar kota kenal Pekalongan lewat Batiknya yang sudah mendunia, dan juga Kota ini terdaftar dalam jejaring Kota Kreatif dunia dari UNESCO.

Padahal jika ditelusuri lebih dalam maka anda akan menemui hal-hal unik yang ada cuma di Pekalongan saja. Pada kesempatan ini saya mencoba memberikan seidkit informasi mengenai hal unik Pekalongan yang mungkin tidak akan anda temukan di tempat lain.




 Hal Unik yang ada di Pekalongan


Berikut ini Beberapa Hal Unik yang cuma ada di Pekalongan :

1. Atraksi Tukang Becak Pekalongan

Sudah pernah naik Becak kan? itu Lho alat transportasi yang beroda tiga yang dikayuh orang. Nah, ini ada seseorang " Tukang Becak " yang berani tampik beda dengan melakukan atraksi unik diatas becaknya. Ia tidak umum mengendarai becak dari atas tempat duduk kemudi melainkan mengayuh becaknya dari depan tempat duduk penumpang yang tembus ke belakang ke pedal becaknya. Sehingga orang tersebut seperti terbang bak superman dengan becaknya. Atraksi ini dilakukan di kawasan Jetayu Pekalongan sekitar akhir bulan Agustus 2016. Rencananya sebagai tanda memperingati kemerdekaan Indonesia sih.

Kalau orang Pekalongan bilang orang ini "Ajiib" bener deh. Penasaran seperti apa Atraksi ini? Lihat aja videonya.



2. Makan Sambil "Tingkring"

Tahu Tingkring? Tingkring atau Tengkreng ini adalah posisi duduk dengan mengangkat salah satu atau kakinya keatas kursi dimana ia duduk. Nah bagi masyarakat Pekalongan aseli, makan sambil Tingkring adalah hal yang biasa. Bahkan mereka beranggapan jika tidak Tingkring ya tidak nikmat. Tidak makan dirumah atau diwarung, mereka tetap enjoy makan sambil tignkringnya.

Sikap Tingkring ini dianggap oleh sebagian orang tidak atau kurang sopan tetapi beginilah Masyarakat Pekalongan yang begitu adanya. Jika kamu menemui orang yang makan sambil tingkring maka bisa dipastikan itu orang Pekalongan.



3. Balon Udara + Petasan

Setiap seminggu setelah idul fitri, masyarakat Pekalongan akan merayakan yang namanya hari sawalan atau Syawalan. Pada hari tersebut biasanya langit Pekalongan akan dihiasi aneka Balon Udara berterbangan di seluruh penjuru kota. Tak hanya aneka bentuk dan warna khas saja, namun balon udara ini sebelum diterbangkan diberi rangkaian petasan dahulu sehingga ketika diudara balon tersebut akan mengeluarkan bunyi ledakan. Semakin banyak dan semakin besar petasan, maka semakin tersohor pula kelompok orang yang menerbangkannya. Nah, hal semacam ini cuma ada di Pekalongan saja tidak ada ditempat lain.

hal unik di pekalongan
Foto by @kotabatik


4. Lopis Raksasa Krapyak

Lopis berbobot hingga 1,2 Ton ini akan muncul di Krapyak pada saat hari Syawalan tiba. Jadi selain tradisi Balon udara, disini juga ada tradisi unik lainnya yaitu pemotongan lopis raksasa. Besarnya lopis sering kali akan menjadi bahan rebutan bagi warga yang berdatangan.
 
hal unik di pekalongan
Foto by @kotabatik


5. Sarungan

Sarungan atau memakai Sarung adalah hal unik lainnya yang ada di Pekalongan. Kebiasaan orang Pekalongan memakai sarung setiap hari menjadi ciri unik masyarakatnya. Apalagi daerah Buaran dan sekitarnya, Sarungan itu sudah wajib, kemana-mana pun pakai sarung, tidak cuma untuk ke masjid atau majelis lainnya tetapi ke Mall pun tetap pakai sarung.


Mungkin itu dulu dari saya mengenai 5 Hal Unik yang ada Cuma Di Pekalongan. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal unik dan Ajib lainnya yang belum bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga pada lain kesempatan saya bisa menyampaikannya.

Pesan saya cuma satu, yakni Banggalah Menjadi Orang Pekalongan yang unik dan ajib. Ada istilah "Adoh ratu, Cedak watu" (Jauh dari Ratu/Kerajaan tetapi punya tradisi sendiri), bahasa Jawa Ngoko menjadi hal keseharian, Makan Sambil Tingkring, Misuh Asu-Celeng dianggap biasa dll yang notabene semua itu adalah kearifan lokal Pekalongan yang menjadi ciri khas tersendiri.

Saya yakin, setiap diri Anak Pekalongan pasti akan Cinta Pekalongan, bangga dengan Pekalongan. Untuk itu bagi anak-anak Pekalongan jangan malu untuk berkreasi dengan kearifan lokal yang ada. Teruslah membuat kerafilan lokal tersebut tetap melekat pada diri kita. Kita sebarkan virus-virus Cinta Pekalongan.

Salam Cinta Pekalongan Ajib
.

Monggo Dikomen

BLOGGER: 16
Loading...
Nama

Artikel Budaya Event Komunitas Pekalongan Techno Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: 5 Hal Unik yang Cuma Ada Di Pekalongan
5 Hal Unik yang Cuma Ada Di Pekalongan
5 Hal Unik yang ada Cuma Di Pekalongan, hal-hal unik yang ada cuma di Pekalongan saja, Atraksi Tukang Becak Pekalongan, Balon Udara + Petasan, Lopis Raksasa Krapyak, Sarungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzXfU27IHe97FmWTM_RMz8MPVGqE2u85UYTDi6-kZcogoK4g9AkLaoSKkfnlvPgrPI43IT2RW2tvnSItn14qVtlfKnErx8z7EhTzvNIfUdzDqEseZkh6-EMOMFYO_J6BFqr47zMJQaWpU/s400/Kebiasaan+Sarungan+Orang+Pekalongan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzXfU27IHe97FmWTM_RMz8MPVGqE2u85UYTDi6-kZcogoK4g9AkLaoSKkfnlvPgrPI43IT2RW2tvnSItn14qVtlfKnErx8z7EhTzvNIfUdzDqEseZkh6-EMOMFYO_J6BFqr47zMJQaWpU/s72-c/Kebiasaan+Sarungan+Orang+Pekalongan.jpg
Komunitas Blogger Pekalongan
https://www.bloggerpekalongan.com/2016/11/5-hal-unik-yang-ada-cuma-di-pekalongan.html
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/2016/11/5-hal-unik-yang-ada-cuma-di-pekalongan.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy