PEKAN RAYA KAJEN 2019, THE BEAUTY OF PEKALONGAN

Salam Blogger Pekalongan, Alhamdulillah, tahun ini, Kabupaten Pekalongan genap berusia 398 tahun. Dalam rangka memperingati hari ja...

Salam Blogger Pekalongan,
PEKAN RAYA KAJEN 2019

Alhamdulillah, tahun ini, Kabupaten Pekalongan genap berusia 398 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pekalongan yang ke-398, akan digelar event yang sudah menjadi agenda rutin tahunan yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setiap tahunnya, biasanya ada EXPO KAJEN sebagai pesta masyarakat kabupaten Pekalongan,namun ada yang berbeda dengan perayaan hari jadi pada tahun ini. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Pekalongan akan menggelar sebuah event iconic terbesar di Provinsi Jawa tengah, yakni Pekan Raya Kajen (PRK) 2019.

PRK 2019 sendiri rencananya akan diselenggarakan selama 8 hari, yakni mulai tanggal 8 hingga 15 September 2019. Setiap harinya masyarakat sudah bisa menikmati showtime mulai pukul 14.00 hingga 22.00 WIB. Untuk tempatnya masih sama, yaitu di Alun-Alun Kajen, tapi jangan kaget ya karena PRK 2019 ini akan beda dengan EXPO Kajen seperti pada tahun sebelum-sebelumnya.
PRK 2019 didesign untuk dapat menjadi sebuah event yang memorable melalui serangkaian eksibisi terkurasi dan ragam acara yang menarik untuk dinikmati. Selain itu, diharapkan PRK 2019 juga menjadi ruang promosi potensi bagi kehadiran beragam produk dan jasa.

Tema dari PRK 2019 adalah The Beauty of Pekalongan, PRK 2019 adalah kegiatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Pekalongan dengan konsep yang menarik dan menghadirkan hiburan dari rakyat dan untuk rakyat.

Beauty sendiri merupakan kepanjangan dari Batik, Eco tourism, Agribusiness, Uniqe culture, Tourism, Your best investment, yang bermakna bahwa Kabupaten Pekalongan punya banyak potensi dari segi batik, warisan budaya, kebudayaan dan kesenian, hasil bumi, dan banyak hal yang masih bisa di explorer untuk dijadikan investasi yang menjanjikan.

Oiya, saat saya berada di launching PRK 2019 pada tanggal 26 Juli yang lalu di Pendopo Kajen, saya mendengar sendiri bahwa PRK 2019 ditargetkan akan dihadiri oleh sekitar 350.000 pengunjung perhari, dengan klasifikasi seluruh lapisan masyarakat. Wah, saya optimis insya Allah bisa mencapai target, ya. 
Dari seluruh masyarakat Jawa Tengah dengan target primer warga Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Batang dan Kabupaten Banjarnegara. Untuk target setiap orang yang datang akan membelanjakan uangnya sebesar 150k sehingga bisa mencapai omset sebesar 52 Milyar perhari. Tentunya ini akan menjadi perputaran ekonomi yang bagus untuk kabupaten Pekalongan. Di mana yang meramaikan PRK 2019 adalah mereka para pengusaha multi produk, Satuan Kerja Perangkat Dinas dan UMKM.
 
Lalu, apa saja sih program kegiatan PRK 2019? Ohh,, jangan galau dan gundah, karena akan banyak program kegiatan yang nantinya disajikan selama PRK 2019, di antaranya adalah :

  1. Pameran pembangunan dan pariwisata, yang menghadirkan beragam inovasi dari berbagai instansi pemerintah. 
  2. Pameran multi produk yang akan menghadirkan beragam produk terkini dari berbagai perusahaan dengan kategori: otomotif, consumer goods, furniture, telekomunikasi, batik dan kain daerah. 
  3. Arena kuliner keluarga. Ini merupakan sebuah zona bermain keluarga yang akan dihadirkan sebagai sarana hiburan. 
  4. Pentas budaya, parade dan carnival yang akan menampilkan kemeriahan ekspresi budaya melalui kegiatan parade, carnival batik dan pentas seni budaya. 
  5. Pasar tiban. Pengunjung PRK 2019 bisa menikmati suasana pasar malam khas Pekalongan dengan beragam produk dan makanan. 
  6. Eksibisi Beauty Of Pekalongan. Melalui eksibisi ini, pengunjung dapat lebih mengenali dan menyelami beragam potensi keunikan Kabupaten Pekalongan.
Sementara itu sebagai Leading Sector kegiatan dari Pekan Raya Kajen 2019 adalah Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UMKM Kabupaten Pekalongan. SKPD yang bertugas dan berfungsi meningkatkan potensi perdagangan daerah, terutama usaha kecil menengah.

Wah, beneran nih akan semeriah itu? KEREN, kan? Hmm.. siapa sih orang di balik PRK 2019 ini? Ah, kamu penasaran ya? Baik, yok kita kenalan dulu. Jadi, Festival Director PRK 2019 adalah SATRIA YANUAR AKBAR. Pria yang berasal dari Bandung, Jawa Barat ini yang langsung digandeng oleh Bupati Pekalongan, bapak Asip Kholbihi. Beliau diamanati langsung untuk menangani event iconic pertama di Kabupaten Pekalongan.

Nggak heran lah saya kalau sama pak Satria, lha wong beliau ini sudah malang melintang dalam pengelolaan event baik tingkat Nasional maupun Internasional. Bahkan nih, dua tahun terakhir dua festival karyanya mendapatkan penghargaan dari Kementrian Pariwisata RI dan lolos sebagai 100 Wonderful Indonesia Event. I am Amazed!

Bapak Bupati dan Pak Satria ini akan menggandeng banyak anak muda asli kota santri untuk bergabung dalam kepanitian bersama PRK 2019, tujuannya untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas agar PRK kali ini semakin banyak dilirik oleh berbagai kalangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu karya anak muda asli Pekalongan ini adalah JINGLE PEKAN RAYA KAJEN oleh Sego Megono Band.
Yuk, dengerin Jinglenya terlebih dahulu, biar makin akrab di Telinga.. hihi

 
Beliau juga membersamai komunitas yang ada di Pekalongan, karena banyak anak muda yang kreatif di Pekalongan. Hal inilah yang menjadi menarik karena anak muda banyak mempunyai potensi dan daya kreatifitas yang sangat luar biasa sejalan dengan inovasi yang di terapkan Bupati di kota santri ini. Selain itu, Pak Satria juga membuka seluas-seluasnya ide dari mereka, di mana akan banyak lahir ide dan hal baru yang akan dikembangkan melalui event PRK 2019 ini. Salah satunya yaitu untuk meningkatkan sentra pariwisata dan ekonomi kreatif anak muda.

Jadi, jangan lupa catat tanggalnya, ya. Mulai 8 hingga 15 September 2019 ada Pekan Raya Kajen 2019. Ajak keluarga, saudara, teman, dan sahabat kamu, ya.  
Ketua Komunitas Blogger Pekalongan
089 669 545 600

Monggo Dikomen

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

Artikel Budaya Event Komunitas Pekalongan Techno Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: PEKAN RAYA KAJEN 2019, THE BEAUTY OF PEKALONGAN
PEKAN RAYA KAJEN 2019, THE BEAUTY OF PEKALONGAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5ODMN9_FpwKfuYw_kEjSRo9tBqVEUgiwi-j083mwkcQcMNYV7Jh33d8znPrCJvsvTBG39ISUpgC0DXnvsIYYKvkQjqXQl__xY_HGWiyWG-vJlUkt64IGw5rjEiAhuXSExwhzXEeBw3ilg/s640/WhatsApp+Image+2019-07-28+at+16.45.55.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5ODMN9_FpwKfuYw_kEjSRo9tBqVEUgiwi-j083mwkcQcMNYV7Jh33d8znPrCJvsvTBG39ISUpgC0DXnvsIYYKvkQjqXQl__xY_HGWiyWG-vJlUkt64IGw5rjEiAhuXSExwhzXEeBw3ilg/s72-c/WhatsApp+Image+2019-07-28+at+16.45.55.jpeg
Komunitas Blogger Pekalongan
https://www.bloggerpekalongan.com/2019/07/pekan-raya-kajen-2019-beauty-of-Pekalongan.html
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/2019/07/pekan-raya-kajen-2019-beauty-of-Pekalongan.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy