Do & Don’ts di grup chat

hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di grup chat

hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di grup chat

Punya berapa grup chat di smartphone? Pasti banyak banget sampai lupa. Ada grup yang masih aktif dan membuat kita dipaksa menatap layar LCD terus menerus, ada pula grup yang telah mati suri. Mau keluar grup nggak enak, mau tetap stay juga buat apa. mengapa hidup semakin kompleks saja ya semenjak adanya grup chat. Memang sih manfaatnya kita jadi lebih mudah berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Arus informasi mengalir tak terbendung dan tentunya silaturahmi jadi terjalin tanpa harus bertatap muka.


Grup keluarga besar, grup alumni sekolah, grup RT, grup kantor, Grup main, grup komunitas dan hobi, wah...semua terasa mudah ya. Di sisi lain, keberadaan berbagai grup chat melahirkan berbagai fenomena negatif yang mungkin kita sebenarnya sudah menyadarinya. Jangan malas untuk mempelajari teknologi yang Anda pakai sehingga dampak negatif bisa lebih diminimalisir.

Berikut ini adalah hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam grup chat:

Notifikasi
Distraksi atau gangguan adalah konsekuensi dari bergabung ke grup chat. Secara refleks biasanya kita akan memeriksa smartphone apabila ada notifikasi yang masuk.

Do: hidupkan notifikasi untuk grup yang penting dan membutuhkan respon cepat kita. Notifikasi ini bisa berupa getar saja atau bahkan ringtone nyaring. Mute notifikasi untuk grup yang sekiranya tidak terlalu penting.

Copas Dari Grup Sebelah
Nah, siapa nih yang suka asal copas dari grup sebelah?

Don’ts: Jangan asal copy paste jika Anda tidak yakin akan kebenarannya. menyalin informasi yang bagus dan membagikannya di grup lain tentu adalah suatu hal yang baik. Tapi, apakah semua orang tahu bahwa sebuah informasi memang benar-benar baik? Kredibel? Dan bukan hoax?

Kejelasan sumber, kepastian isi, dan pastikan Anda telah melakukan cross check. Jika sebuah info hasil copas dari grup sebelah telah dimasukkan member lain ke grup chat dan kita tahu bahwa hal itu hoax, segera konfirmasikan di forum tersebut. Jangan dibiarkan sehingga memungkinkan member lain akan melakukan copy paste juga lalu membagikannya ke grup lain sehingga semakin viral.

Menghapus Data
Meme, video, maupun text tanpa disadari telah memakan banyak space di smartphone. Mau hape tiba-tiba hang?

Do: hapus secara berkala data yang masuk di chat grup. Periksa di bagian pengaturan aplikasi chat yang Anda pakai.

Japri
Ada kalanya obrolan dalam chat grup terlalu panas, penuh dengan argumentasi beberapa member. Barangkali kita akan sepakat dengan si A, tapi bisa jadi sebaliknya. Pendapat A benar-benar tidak bisa kita terima.

Do: pilihlah jalur pribadi (japri) melalui personal chat untuk menyelesaikan permasalahan. Japri juga perlu dilakukan ketika kita terlibat chat yang tidak ada hubungannya dengan member lain. Daripada menuh-menuhin notif ya kan?

Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui sebagai pengguna aktif grup chat. Kecanggihan teknologi telah memudahkan banyak hal. Semua orang bisa jadi pelawak di grup chat, bisa juga jadi ustadz, wartawan, politikus, tapi yang terbaik adalah menjadi diri kita sendiri. Meski chat grup terpampang hanya selebar LCD smartphone, sesungguhnya ini adalah representasi kita secara nyata. Jangan sampai kita jadi nggak enak dengan teman saat bertemu langsung hanya karena pernah kelewatan bercanda atau emosi di grup chat.

Monggo Dikomen

BLOGGER: 4
Loading...
Nama

Artikel Budaya Event Komunitas Pekalongan Techno Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: Do & Don’ts di grup chat
Do & Don’ts di grup chat
hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di grup chat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJrS_0Z0zPNHLLimM8v15jNcUyStourBlwzGMqLQiNr1YgP94YrlAUikMRFp3MG7vyMGrjSrM-VY1uMgMpz8Dnjn0hzVofa5abdwNYdN4Si_obcjFWhZeyoH6ay7XZVhOFWLFpaVtxCyg/s400/whatsapp-1789194_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJrS_0Z0zPNHLLimM8v15jNcUyStourBlwzGMqLQiNr1YgP94YrlAUikMRFp3MG7vyMGrjSrM-VY1uMgMpz8Dnjn0hzVofa5abdwNYdN4Si_obcjFWhZeyoH6ay7XZVhOFWLFpaVtxCyg/s72-c/whatsapp-1789194_1280.jpg
Komunitas Blogger Pekalongan
https://www.bloggerpekalongan.com/2017/03/do-donts-di-grup-chat.html
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/2017/03/do-donts-di-grup-chat.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy