Curug Bidadari, Eksotisme Tersembunyi di Pekalongan

tempat wisata kuliner di pekalongan, tempat romantis di pekalongan, tempat wisata di pekalongan batang, wisata pekalongan linggo asri, pantai pasir kencana pekalongan, tempat wisata di batang, wisata di talun doro pekalongan, kabupaten pekalongan tempat menarik

BloggerPekalongan - Libur itu saatnya jalan-jalan, refreshing, keluar dari rutinitas atau piknik. Mau libur akhir pekan, libur sekolah maupun libur hari kerja biasanya akan dimanfaatkan sebagian orang untuk menikmati ‘dunia luar’. Kebutuhan akan ‘piknik’, sepertinya mulai ditangkap oleh beberapa pihak baik itu dinas pariwisata setempat atau pengelola untuk semakin mengeksplore destinasi wisata lokal. Ditambah dengan semakin maraknya penggunaan medsos akan memudahkan orang untuk mendapatkan informasi tujuan wisata yang menarik.

Yap, Pekalongan memang sangat terkenal dengan batiknya. Namun, beberapa tahun belakangan semakin terkenal dengan wisata alamnya. Curug bidadari salah satu diantara kesohoran beberapa curug lainnya seperti curug bajing, curug lawe, curung muncar, dll. Bahkan karena keindahannya tersebut, banyak orang yang sengaja datang dari jauh untuk melihatnya secara langsung.

Curug Bidadari Pekalongan

Wisata curug di pekalongan
Curug Bidadari

Curug Bidadari terletak di desa Purbo Jolotigo, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan. Jika dari jalan pantura Pekalongan, bisa ditempuh kurang lebih satu jam dengan jarak sekitar empat puluh kilometer. Kalau dari arah perempatan Grogolan, lurus kearah selatan Pekalongan melewati Warungasem ke selatan sampai Pandansari (ndansari). Sesuai dengan petunjuk arah, sampai diperempatan pasar Pandansari belok kanan menuju Talun. Kondisi jalanan dari Pekalongan menuju Talun cukup bagus walaupun di sekitar Pandansari ada yang berlubang. Sepanjang perjalanan terdapat papan/plang hijau penunjuk jalan jadi tidak perlu khawatir nyasar. Sedangkan untuk menuju curug bidadari, bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil atau pun sepeda motor. Bagaimana dengan angkutan umum? Sepertinya pemakaian angkutan umum baru sampai Talun saja dan belum menjangkau lokasi.

kondisi jalanan menuju lokasi

Loket Masuk
Setelah melalui jalanan aspal nan mulus, sampailah pada loket masuk Curug Bidadari. Disini pengunjung dikenakan HTM lima ribu rupiah perorang plus parkir dua ribu rupiah. Kondisi jalan beraspal seketika berubah menjadi jalanan bebatuan. Suguhan panorama alam kembali terasa. Pepohonan pinus, berjajar menyambut pengunjung. Jarak antara loket masuk dan area parkir sekitar tiga ratus meter. Jangan ditanya medan yang dilalui sampai parkiran, yang ada tanjakan serta bebatuan yang tertata disela tanah merah. Jadi buat kalian yang baru pertama melalui kondisi jalanan seperti ini harus hati-hati.


Lokasi area parkir

Nah, tiba di area parkir kita harus berjalan kaki sepanjang satu kilometer. Trek menurun harus dilalui. Jika merasa lapar, ada deretan warung-warung yang menyediakan makanan. Sampai disini turunan curam akan terus menemani sampai titik lokasi. Faktor keamanan cukup diperhatikan oleh pengelola dengan terpasangnya tali disepanjang trek. Akhirnya, gemericik air itu mulai terdengar. Aliran air terlihat di depan mata. Begitu jernih dan hijau terpapar sinar matahari. Dinding bebatuan kokoh berdiri menyiratkan lukisan illahi yang tak terperi. Eksotisme Bidadari memberikan angin surgawi.

Salah satu trek pejalan kaki (Menurun)

Tali untuk pembatas antara jalan dengan jurang
Wisata curug di pekalongan
aliran air sepanjang jalan

Sejuknya air, memunculkan keinginan untuk berenang atau sekedar 'kecehan'. Pengunjung bisa menyewa ban besar dengan ongkos sepuluh ribu dan ban kecil lima ribu rupiah. Curug Bidadari ini memang berbeda dengan curug pada umumnya yang memiliki ketinggian bermeter-meter. Kelebihan curug ini adalah untuk berenang. Curug Bidadari disebut juga curug batu dinding. Disebut demikian karena di sekitar air terjun terdapat cerukan (semacam kolam). Keunikan lainnya terletak pada bentukan dinding batu yang menyerupai genthong. Jadi, kalau kalian penasaran harus segera mengunjungi wana wisata ini.

Ajaklah teman, keluarga maupun orang terdekat untuk menikmati panorama alam curug bidadari. Secara keseluruhan, insyaallah pengunjung akan merasa puas dan memiliki kebanggaan tersendiri. Keseriusan pengelola juga bisa terlihat dari ketersediaan berbagai fasilitas seperti toilet, kamar ganti, serta spot-spot foto seperti dek, jembatan dan gazebo. Hanya tempat sampah yang mungkin agak kurang. Semoga kedepannya pengelolaan curug bidadari lebih baik lagi.
toilet dan kamar ganti
Wisata curug di pekalongan
salah satu spot foto
Catatn buat yang ingin berlibur ke Curug Bidadari :
1.  Mengingat jalur yang lumayan menantang, ada baiknya pengunjung datang dalam kondisi fisik yang fit (tidak sedang meriang).
2. Membawa baju ganti. Rugi lah kalau sudah jauh-jauh datang ke curug bidadari tanpa berenang atau main air.
3. Membawa bekal, entah itu makanan maupun minuman. Walaupun ada banyak warung yang menjajakan makanan/minuman, namun tak ada salahnya berjaga-jaga karena trek yang agak jauh pastinya akan begitu menguras energi.
4. Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.

Demikian sedikit paparan salah satu Wisata di Pekalongan yaitu Curug Bidadari. Semog ke depan kita bisa mengulas wisata lain yang tentunya tidak kalah kerennya. Pastinya di Pekalongan.

Penulis : Yuni (www.niefem.com)

Monggo Dikomen

BLOGGER: 11
Loading...
Nama

Artikel Budaya Komunitas Pekalongan Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: Curug Bidadari, Eksotisme Tersembunyi di Pekalongan
Curug Bidadari, Eksotisme Tersembunyi di Pekalongan
tempat wisata kuliner di pekalongan, tempat romantis di pekalongan, tempat wisata di pekalongan batang, wisata pekalongan linggo asri, pantai pasir kencana pekalongan, tempat wisata di batang, wisata di talun doro pekalongan, kabupaten pekalongan tempat menarik
https://1.bp.blogspot.com/-JEBJy5dEaHU/WHUYAJK_3II/AAAAAAAACpg/o0mK5ilE3FEI4G3h-dvroNPaypZIVbT9gCEw/s320/DSC_0050_7.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-JEBJy5dEaHU/WHUYAJK_3II/AAAAAAAACpg/o0mK5ilE3FEI4G3h-dvroNPaypZIVbT9gCEw/s72-c/DSC_0050_7.JPG
Komunitas Blogger Pekalongan
http://www.bloggerpekalongan.com/2017/01/curug-bidadari-wisata-pekalongan.html
http://www.bloggerpekalongan.com/
http://www.bloggerpekalongan.com/
http://www.bloggerpekalongan.com/2017/01/curug-bidadari-wisata-pekalongan.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy