Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari

kesalahan umum pada desain blog yang banyak ditemui, kesalahan desain blog, cara mendesain blog, desian blog yang bagus, memilih font untuk blog, membuat menu navigasi untuk blog

BloggerPekalongan - Males banget nggak sih kalau ketemu blog yang bikin sakit mata. Isinya bagus, sesuai apa yang kita cari, tapi bacanya sulit. Huruf warna kuning dengan background hitam misalnya. Adalagi nih yang bikin geregetan, nemu blog bagus tapi warna dominannya merah menyala. Aduh, mataku yang normal saja nyeri gimana yang pakai kacamata ya kan? Memang nggak semua orang peka sama desain dan seni, tapi ada baiknya kita sebagai blogger belajar sedikit dari blog-blog lain. Kecuali nih ya, blog kamu memang ditujukan bukan buat mata manusia hahhaha. Memangnya ada? Ada lah, itu lho blog-blog siluman yang tujuannya Cuma datangin traffic sama dijadiin papan reklame online.

desain blog, kesalahan desain blog, navigasi, font blog
 

Beberapa Kesalahan Dalam Mendesain Blog

Ini nih, aku mau berbagi soal kesalahan-kesalahan umum desain blog yang sering muncul :


1| Terlalu Banyak Warna
Guys, mata manusia itu nyaman dengan maksimal 3 warna saja. Aku tahu kalau pelangi itu indah, tapi plis ya...jangan ambil semua. Jaman tahun 2009an masih dianggap wajarlah widget warna-warni kanan kiri dengan salju-saljuan dan mp3. Hellow...itu so past, yang lalu biarlah berlalu.

2| Terlalu Sedikit Area Putih
Tidak semua orang menyukai warna putih sebagai dominasi di blognya. Tapi, berdasarkan konsep ergonomika umum, hehhee...warna putih laksana udara bebas. Pengunjung blog merasa bisa bernafas lega dengan adanya area putih. Blog-blog terkenal biasanya memang punya background putih kan? Begitupun dengan website-website resmi. Pisahkan bagian-bagian penting sehingga pembaca blog tidak kelelahan.

3| Lupa Meletakkan Link Sosial Media
Kalau kamu blogger, seharusnya sudah sadar dong kalau sosial media itu penting. Orang akan lebih mudah menemukanmu di platform lain. Terlebih jika kamu memang niat menjadikan blog dan sosial media sebagai personal branding. Wajib pakai banget nyantumin sosial media di sana. Apa saja sih, sosial media yang harus dimiliki blogger saat ini?

Punya facebook kan? Lebih bagus lagi bikin facebook fanpage. Twitter, instagram, pinterest, memang nggak semua orang punya. Tapi salah satunya saja sudah cukup kok. Ehem, kalau google plus? Yeah, nggak banyak yang tahu kalau google plus itu penting. Padahal, buat SEO (search engine optimation) sebuah blog...share di google plus itu nggak bisa dipandang sebelah mata.


4| Tidak Mencantumkan Kontak
Nah loh, ada nggak yang masih menuliskan ‘about me’ nya berupa kalimat ‘seorang pembawa pesan dari dunia lain’ hahhhaa. Punya blog untuk bisnis mah ya harus nulisin kontak dengan jelas. Nggak masalah kok mau nulisin nama beken aja, tapi minimal banget cantumkan alamat email. Jangan lupa nih, harus ‘clearly displayed’ alias kelihatan dengan jelas. Kalau perlu, kamu buat page khusus untuk contact info.

5| Pemilihan Font Yang Salah
Pilihan font di blog memang lucu-lucu yah. Apalagi kalau kita sudah customize dengan membeli font dari pihak ke-3. Pengennya tuh pakai font unyu gitu deh. Tapi ya jangan dong, kasihan yang baca blog. Silakan mau pakai hand lettering kek, kaligrafi kek...tapi di luar content. Huruf-huruf berjenis fancy, curly, dan script...perlu dijauhi.

6| Minimnya Navigasi
Kalau aku nih ya, pengennya itu pengunjung betah baca blog. Beres 1 artikel, pindah ke artikel lain. Mana bisa kayak gitu kalau nggak ada navigasi, ya kan? Tab menu, widget label, atau widget artikel yang terkait adalah navigasi-navigasi standar dari sebuah blog. Emang masih ada blog yang polosan tanpa navigasi? Masih ada, banyak banget.


Soal desain blog jangan dianggap sepele, ini adalah top priority biar blog kita works well and looks good. Makanya jasa desain berseliweran dan nggak murah kalau mau pakai. Tanpa beli, kita bisa kok beresin sendiri. Tutorial sudah bertebaran, tinggal mau atau enggak saja melakukannya. Great content itu raja dari sebuah blog, kalau desain...ibarat baju buat si raja. Raja pakai daster kan nggak pantes. Raja itu minimal pakai batik tulis, sepatu kulit, dengan aksesoris elegan lainnya. Kurang lebih analoginya seperti itu.

Kamu termasuk yang merasa masih melakukan 6 kesalahan desain blog di atas? Yuk ah, jadiin blog kita nyaman buat mata siapa saja dan ucapkan selamat datang kepada para visitor.


Monggo Dikomen

BLOGGER: 9
Loading...
Nama

Artikel Budaya Event Komunitas Pekalongan Techno Tips Wisata
false
ltr
item
Komunitas Blogger Pekalongan: Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari
Kesalahan Umum Pada Desain Blog Yang Harus Dihindari
kesalahan umum pada desain blog yang banyak ditemui, kesalahan desain blog, cara mendesain blog, desian blog yang bagus, memilih font untuk blog, membuat menu navigasi untuk blog
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzAlzkRe4YVGyenCBdukbp388c7dV85gvFEFPBKP0bYRlIrj6DRYLah_UDyL2BgTk5-bkxirmcr0zlnpU0mPryu4KoAs-tIo90tmhzNZCO5zL1E9sa6PJNgwpwd64S7MQxnJQdiwPUNA8/s400/Kesalahan+Desain+Blog.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzAlzkRe4YVGyenCBdukbp388c7dV85gvFEFPBKP0bYRlIrj6DRYLah_UDyL2BgTk5-bkxirmcr0zlnpU0mPryu4KoAs-tIo90tmhzNZCO5zL1E9sa6PJNgwpwd64S7MQxnJQdiwPUNA8/s72-c/Kesalahan+Desain+Blog.png
Komunitas Blogger Pekalongan
https://www.bloggerpekalongan.com/2016/11/kesalahan-umum-pada-desain-blog.html
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/
https://www.bloggerpekalongan.com/2016/11/kesalahan-umum-pada-desain-blog.html
true
1024992684227928812
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy